Kategori: General Knowledge

Foto Terbaik Yang Berakhir Tragis

Kevin-CarterAdalah Kevin Carter, seorang fotografer dari Johanesburg – Afrika Selatan; memenangi Pulitzer Feature Photograpy untuk karyanya yang kontroversial. Karyanya itu berupa foto yang diambil pada suatu daerah konflik di Suddan pada tahun 1993.

Pada foto karyanya tesebut mempertotonkan seorang anak kecil sedang merangkak menuju ke tempat pengungsian PBB, yg berjarak sekitar 1 kilometer. Di belakang anak kecil itu ada oleh seekor burung pemakan bangkai yang siap memangsa anak tersebut.

Kevin Carter, sang fotografer, mengaku segera meninggalkan lokasi setelah berhasil mengambil gambar dan tidak ada seorang pun yang tahu bagaimana nasib anak kecil itu. Dia terpaksa meninggalkan anak tersebut, dikarenakan adanya larangan menyentuh para pengungsi yang dikhawatirkan membawa penyakit berbahaya.

Kevin-Carter-photo

Tak pelak lagi kecaman demi kecaman dialamatkan kepada Kevin Carter setelah dia mendapatkan penghargaan. Kecaman-kecaman itu menuduh Kevin Carter egois, lebih mengutamakan publisitas daripada pertimbangan kemanusiaan karena tidak menolong anak kecil yang malang itu.

Karena rasa bersalah yang teramat dalam, seminggu setelah menerima penghargaan, Kevin Carter kemudian bunuh diri.

Tags: ,

Leave a Reply