Kategori: Anekdot

“Computer Idiot”

intel-idiot

Jika Anda merasa idiot dan gaptek soal komputer, jangan minder. Beberapa keluhan konsumen komputer dari negara sebesar dan semaju Amerika, yang dikumpulkan oleh Jim Cartlon, jurnalis Wall Street Journal; menunjukkan bahwa mereka ternyata “jauh lebih idiot” daripada yang kita kira.

Berikut petikan keluhan-keluhan konsumen itu :

Technical Support (TS) AST  menerima komplain konsumen yang kesulitan menggunakan “mouse”. Saat TS berkunjung, mereka menemukan mouse tersebut tidak bisa digunakan karena masih terbungkus rapi di dalam plastiknya. Hal itu disebabkan karena penggunanya yang seorang wanita, mempunyai phobia pada “mouse” (= tikus) sehingga ia tidak berani mengeluarkannya dari dalam plastik.

Sebuah keluhan dari konsumen AST yang lain mengatakan bahwa disket mereka terkena virus yang sulit dibersihkan. Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket yang terinfeksi itu untuk dipelajari. Beberapa hari kemudian, petugas AST menerima “foto kopi” disket dari konsumen tersebut.

Compaq pernah mempertimbangkan untuk mengubah perintah “Press ANY Key” menjadi “Press ENTER Key” dikarenakan banyaknya telepon yang menanyakan letak tombol “ANY” di keyboard.

Di tahun 1980-an, ketika disket masih berukuran besar, Compaq pernah menerima keluhan seorang konsumen yang disketnya tidak bisa dibaca oleh disk drive komputernya. Setelah diselidiki, ternyata konsumen itu sebelumnya memasukkan disket ke dalam mesin ketik dan mengetikkan label yang tertempel di disket itu.

Seorang konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via komputer. Setelah diarahkan selama 40 menit via telepon, pihak DELL mengetahui kalau konsumen itu mencoba mengirim fax via komputer dengan cara “menempelkan kertas yang akan di fax di depan monitor”.

Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya bagaimana cara ia membersihkan keyboard; dia menjelaskan, “Saya mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan sabun, lalu membilasnya dengan air, dan menjemurnya. “

Konsumen DELL yang lain komplain karena komputer barunya tidak bisa dihidupkan. Dia menjelaskan semua sudah terpasang dengan benar, dan ditunggu sampai 20 menit tetap tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL menanyakan apakah “power switch” sudah dinyalakan, dia balik bertanya, “Power switch yang mana?”

Seorang konsumen DELL marah karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru saja dibelinya. “Semua sudah terpasang dengan baik. Tapi setiap kali saya tekan pedal kaki, tidak terjadi apa-apa,” kata si konsumen. Setelah diselidiki ternyata “pedal kaki” yang dimaksud orang itu adalah “mouse”.

Berikut adalah tanya-jawab antara customer services (CS) Novell NetWire dengan seorang konsumen :

Konsumen : Hallo, dengan Tech Support?
CS Novell    : Ya, bisa dibantu?
Konsumen : Tatakan gelas di komputer saya patah. Apa mungkin saya menggantinya dengan yang baru?
CS Novell    : Tatakan gelas ? Apakah itu hadiah saat Anda membeli komputer?
Konsumen : Tidak. Tatakan gelas ini sudah ada di komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di atasnya, tatakan itu patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan “CD-ROM  16X”.
CS Novell    : …. ???

Leave a Reply