Kategori: Gadget

Bila BlackBerry Mulai Lemot

BlackBerry | BB

Bila BlackBerry (BB) anda mulai sering muncul gambar jam pasir dan lebih lambat dalam mengakses situs, menandakan bahwa BB anda sudah mulai lemot. Tidak perlu panik, jangan buru-buru dibawa ke tukang servis. Salah satu penyebab lemotnya BB adalah karena banyaknya “file sampah” yang tersimpan di memori, yaitu file-file yang sebenarnya tidak begitu penting dan selayaknya dibuang.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa langsung dipraktekkan sebagai P3BBL (Pertolongan Pertama Pada BlackBerry Lemot):

  • Pastikan file-file multimedia (video dan foto) tersimpan pada media card (kartu memori).
  • Pastikan memory internal tetap dalam kapasitas yang cukup.
  • Biasakan mencabut baterai setiap 1-2 minggu sekali. Langkah ini dimaksudkan sebagai penyegaran sekaligus menghapus “file sampah” yang sudah tidak terpakai.

Disamping langkah-langkah tersebut di atas, berikut ini ada beberapa langkah lanjutan yang terbukti cespleng membuat BB anda menjadi lebih ngebut:

1. Cache Cleaning

Masuk ke browser —► tekan logo BB—► pilih Options —► pilih Cache Operations —► tekan ke 4 tombol Clear —► selesai.

2. Event Log Cleaning Homescreen

Tekan tombol “alt” – tahan —► Tekan huruf L-G-L-G (secara berurutan) —► tekan logo BB —► pilih Clear Log —► Delete —► selesai.

3. Memory Cleaner Options

Tekan logo BB —► Options —► Security  Options —► Memory Cleaning —► ubah status menjadi “enabled”. Perhatikan 4 (empat) baris di bawah menu Memory Cleaning, terdapat tulisan “Show icon on home screen” – tekan dan ubah menjadi “Yes” —► Tekan tombol return (panah memutar) —► Save Changes. Kembali ke “homescreen” dengan menekan logo BB kemudian cari ikon Memory Cleaner (mirip gambar printer) yang biasanya terletak di folder Applications —► klik —► selesai.

4. Soft Reset

Tekan bersamaan: tombol “alt” +  tombol “aA” sebelah kanan (dekat tombol “sym“) + tombol “del” —► BB akan restart.

5. Hard Reset

Hard reset dilakukan dengan cara mencabut baterai selama 1-2 menit. Setelah itu baterai dipasang kembali.

Tags: , , , ,

Leave a Reply